Tugas Perancangan Basis Data – Membuat Desain Database Sistem Ujian Online Siswa

Melalui artikel ini Kami ingin berbagi, yaitu bagaimana caranya Membuat Desain Database Sistem Ujian Online Siswa, baik untuk tingkat SMP, SMA dan juga SMK. Khusus bagi Anda mahasiswa Teknik Informatika dan Manajemen Informatika, artikel ini dapat Anda jadikan referensi dalam Tugas Perancangan Basis Data, dan lebih lagi dapat Anda jadikan referensi dalam mengembangan Tugas Akhir dan Skripsi yang sekarang sedang Anda ambil.

Sistem Informasi Ujian Online belakangan ini banyak diterapkan untuk mempermudah system ujian yang ada di sekolah, terutama untuk sekolah SMP, SMA dan juga SMK. Meskipun dinamakan Ujian Online, sebenarnya aplikasi nyata tidak harus dijalankan secara Online seperti layaknya di Internet, akan tetapi bisa juga dijalankan secara Intranet dalam jarungan Lab Komputer di Sekolah.

Desain Database Aplikasi Ujian Online Sekolah

Pertama, Anda akan melihat dan memahami desain database untuk aplikasi Ujian Online yang dipakai pada sekolah tingkat SMP dan SMA, secara sederhana dapat dibuat dengan entitas dan atribut struktur datanya seperti berikut :

Tabel Data Pelajaran

Untuk menyimpan Data Pelajaran dibutuhkan tabel sendiri, Kita beri nama tabel itu dengan pelajaran. Di dalam tabel ini berisi kolom antara lain; kode_pelajaran, nama_pelajaran.

Tabel Data Kelas

Untuk menyimpan Data Kelas dibutuhkan tabel dengan nama kelas. Di dalam tabel ini berisi kolom antara lain; kode_kelas, nama_kelas.

Tabel Data Soal

Untuk menyimpan Data Soal dibutuhkan tabel dengan nama soal, tabel ini dipakai untuk menyimpan semua soal yang diujikan. Di dalam tabel ini berisi kolom antara lain; kode_soal, kode_pelajaran, kode_kelas, semester, pertanyaan, pilihan_a, pilihan_b, pilihan_c, pilihan_d, pilihan_e dan kunci.

Tabel Data Siswa

Untuk menyimpan Data Siswa dibutuhkan tabel dengan nama siswa, tabel ini dipakai untuk menyimpan semua data Siswa aktif yang berhak mengikuti ujian, yaitu Siswa pada sekolah yang mengadakan aplikasi Ujian online ini. Di dalam tabel ini berisi kolom antara lain; kode_siswa, nama_siswa, nis, kelamin, agama, tempat_lahir, tanggal_lahir, alamat, no_telepon, foto, username, dan password.

Tabel Kegiatan Ujian

Untuk menyimpan Data Ujian dibutuhkan tabel dengan nama ujian. Tabel ini dipakai untuk menyimpan kegiatan ujian yang diadakan oleh sekolah, kegiatan ujian yang dimaksud adalah ujian per kelas dan per pelajaran masing-masing. Untuk atribut kolom datanya yang diperlukan adalah; nomor_ujian, kode_kelas, kode_pelajaran, tanggal, jam, keterangan, durasi, status, dan kode_user.

Tabel Data Peserta Ujian

Untuk menyimpan Data Peserta dari setiap Ujian, maka dibutuhkan tabel sendiri yang diberi nama ujian_peserta. Dengan adanya tabel ini, maka di dalam program dapat dibuatkan form untuk memasukkan daftar Siswa siapa saja yang memiliki hak untuk melaksanakan Ujian ataupun hanya sekedar Latihan Ujian. Tabel ini membutuhkan kolom antara lain; nomor_peserta, nomor_ujian, kode_siswa, status.

Tabel Data Ujian Hasil Kerja

Untuk menyimpan Data Hasil dari Ujian setiap Peserta(Siswa), maka dibutuhkan tabel sendiri yang diberi nama ujian_kerja. Tabel ini fungsinya adalah untuk menyimpan setiap hasil ujian dari semua soal yang diujikan dari tiap-tiap peserta (siswa), baik itu soal yang sudah dijawab maupun belum dijawab, maka hasil akan disimpan di dalam tabel ini.  Tabel ini membutuhkan kolom data antara lain; id, nomor_peserta, kode_soal, jawaban_pilih.

Tabel Data User

Tabel ini dipakai untuk menyimpan User atau Petugas yang mengelola aplikasi Ujian Online ini, bisa dimiliki oleh Guru ataupun petugas Pengajaran. Tabel dapat dibuat dengan nama user, dengan atribut kolom antara lain; kode_user, nama_user, username, password, level.

 

Desain Relasi Database Aplikasi Ujian Online Sekolah

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat setiap nama tabel dan atribut kolomnya seperti pada gambar relasi yang sudah Kami buat, yaitu Relasi Antar Tabel Sistem Informasi Ujian Online Siswa. Berikut ini gambarnya;

 

Penjelasan dari Gambar Relasi di atas:

  • Tabel pelajaran memiliki hubungan relasi dengan tabel soal, jenis hubungannya adalah One to Many. Artinya, 1 mata Pelajaran memiliki lebih dari 1 Soal.
  • Tabel kelas memiliki hubungan relasi dengan tabel soal, jenis hubungannya juga One to Many. Artinya, 1 tingkatan Kelas memiliki lebih dari 1 Soal. Misalnya untuk Kelas X(10) dengan mata Pelajaran Matematika, jelas memiliki banyak Soal, atau lebih dari 1 Soal.
  • Tabel kelas juga memiliki hubungan relasi dengan tabel siswa, jenis hubungannya adalah One to Many. Artinya untuk 1 kelas bisa terdapat lebih dari 1 Siswa, atau satu kelas ada banyak Siswa.
  • Tabel ujian memiliki hubungan relasi dengan tabel ujian_peserta, jenis hubungannya adalah One to Many. Artinya, 1 kegiatan Ujian akan diisi oleh lebih dari 1 Siswa, atau dalam arti lain satu jadwal ujian akan berisi banyak peserta atau siswa.
  • Tabel ujian memiliki 2 kunci tamu, yaitu kolom kd_pelajaran dari tabel pelajaran dan kolom kd_kelas dari tabel kelas.
  • Tabel ujian_peserta memiliki hubungan relasi dengan tabel ujian_kerja, jenis hubungannya juga One to Many. Artinya, dalam setiap Nomor Ujian Peserta akan mengerjakan Soal lebih dari 1, atau setiap Peserta (siswa) akan mengerjakan banyak Soal yang diujikan.
  • Tabel soal memiliki hubungan relasi dengan tabel ujian_kerja, dengan jenis relasi One to Many. Sedangkan tabel ujian_peserta memiliki hubungan relasi dengan tabel ujian_kerja. Artinya, dalam satu kali ujian, satu orang Peserta(siswa) akan diberikan banyak Soal. Kemudian untuk 1 Soal yang sama, akan diberikan oleh banyak Peserta(peserta) yang berbeda-beda, baik dalam satu kegiatan Ujian yang sama maupun Ujian berbeda.

 

Demikianlah pembahasan artikel terkait Membuat Desain Database Sistem Informasi Ujian Online Siswa, khususnya untuk Siswa jenjang SMP dan SMA. Sedangkan untuk Siswa jenjang SMK dapat Anda kembangkan dengan menambahkan tabel Data Jurusan.

Sekian dulu pembahasannya yaa…., semoga artikel ini bermanfaat buat yang membutuhkan..

Salam dari Bunafit Komputer, Lampung Timur

Lanjut ke artikel berikutnya.

 

Contoh Program Aplikasi Ujian Online dan E-Learning Sekolah

Bagi Anda yang membutuhkan Contoh Program Nyata, maka Kami sudah menyediakannya, Kami menjualnya di website ini, silahkan jika berminat :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *