Monthly Archives: October 2021

Mengenal Alat Musik Gamelan Ebeg Banyumasan / Kuda Lumping

Pada tulisan kali ini, Kami mencoba untuk menjabarkan mengenai alat musik kesenian jawa yang dinamakan Gamelan, berfokus pada Kesenian Ebeg Banyumasan, atau Janturan atau Kuda Lumping.

Dari tulisan Kami ini, mungkin akan sangat berguna bagi sahabat semua yang saat ini sedang mencari referensi dan literatur mengenai alat musik pada kesenian ebeg banyumasan, atau kuda lumping khas banyumasan.

Berikut ini adalah daftar alat yang biasa dipakai dalam Kesenian Ebeg Banyumasan, diantaranya adalah :

GONG
Gong yang dipakai dalam Kesenian Ebeg biasanya terdiri dari ; Gong Kempul berjumlah 5 buah, Gong Suwuk dan Gong Besar.

Gong ini memerlukan kayu untuk menggantungnya, yang dinamakan dengan Gayor ( gantungan gong ).

BONANG
Bonang biasanya ada 2 rancak ( dua pangkon ) yang isinya masing masing rancak berisi 10 jenong, atau 12 jenong, sesuai kebutuhan. Jadi, jika isi 10 jenong, berati dalam 2 rancak ada 20 jenong.

GENDANG
Dalam kesenian Ebeg membutuhkan satu pasang ( 2 ) Gendang, terdiri dari Gendang Sabet dan Gendang Bem.  Untuk gendang bem biasanya dibuat lebih besar ukurannya daripada Gendang Sabet.

DEMUNG

Demung adalah alat musik pukul yang berbentuk bilah-bilah atau lempengan besi atau kuningan sebagai bahan dasarnya, yang ditata rapih pada kayu atau papan yang dinamakan Rancak. Demung yang dipakai bernada/laras Slendro, dengan jumlah nada adalah 9 nada ( sembilan bilah nada ).

SARON

Saron adalah alatmusik pukul yang berbentuk bilah-blah seperti Demung, hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil dibanding Demung. Dalam kesenian Ebeg, biasanya membutuhkan 2 Rancak Saron ( dua pangkon saron ) dengan laras Slendro.

PEKING

Peking adalah alat musik pukul yang berbentuk  lebih kecil lagi daripada Saron.

Setidaknya itu saja yang dibutuhkan dalam Kesenian Ebeg Banyumasan, selebihnya adalah alat kolaborasi pengembangan saja supaya kesenian lebih rame.

TOKO GAMELAN & KOSTUM TARI

Nah, jika sahabat semua saat ini membutuhkan refernesi lebih detil mengenai alat musik Gamelan Kesenian Ebeg Banyumasan, Anda dapat berkunjung ke website toko Jaranan TTN dengan alamat www.JarananTTN.com.

Semoga artikel ini dapat membantu