Monthly Archives: January 2018

Perintah SQL Untuk Mengubah Data dari Database MySQL

Melalui artikel ini, Anda dapat belajar mengenai perintah SQL (Struktured Query Language) yang dipakai untuk Mengubah Data yang ada di dalam databse. Data yang sudah terlanjur diinput (disimpan) di dalam tabel database dapat diperbaiki dengan mudah dengan perintah UPDATE.  Berikut ini adalah perintah dasarnya :

UPDATE nama_tabel
SET kolom1 = nilaidata1, kolom2 = nilaidata2, …
WHERE kondisi;

Dari sintaks dadasar perintah SQL di atas, nama_tabel adalah tabel yang isinya akan diperbarui (di-Update). Data yang akan diperbaiki terletak pada kolom1 dan kolom2. Untuk kolom1 akan diperbaiki dengan data terbaru yaitu nilaidata1, sedangkan kolom2 akan diisi dengan nilaidata2.

Untuk memilih baris data mana yang akan diperbarui, maka perintah SQL menggunakan tambahan WHERE kondisi untuk menunjuk baris data tertentu yang akan diperbaiki, sehingga baris data lain tidak akan terganggu. Untuk kondisi, Kita dapat menggunakan kolom Kunci (Primary Key), karena pada kolom ini datanya bersifat unik (tidak ada yang sama).

Sebagai contoh kasus, Kita akan memperbaiki data yang ada di dalam tabel siswa. Misalnya saja data pada kolom kelamin dan alamat, data yang diperbaiki adalah dengan Kode S0001. Perinhtahnya adalah:

UPDATE siswa SET kelamin=’Laki-laki’, alamat =’ Way Jepara, Lampung Timur’
WHERE kd_siswa = ‘S0001’;

Contoh lain, Kita akan memperbaiki data Siswa, data yang diperbaiki adalah kolom alamat  milik Siswa dengan Kode S0003. Perintahnya adalah :

UPDATE siswa SET alamat = ‘ Labuhan Ratu, Lampung Timur ‘
WHERE kd_siswa = ‘S0003’;

Jadi, dengan perinhtah UPDATE, Anda dapat memperbaiki data yang salah, atau dapat mengisi data baru jika pada kolom data ada yang masih kosong belum diisi.

Semoga bermanfaat ya

Perintah SQL Untuk Menghapus Data dari Database MySQL

Apabila di dalam tabel database MySQL sudah terdapat data, maka data yang ada tersebut dapat dihapus dengan mudah menggunakan perintah SQL. Data yang dihapus bersifat permanen atau tetap, sehingga apabila ada data sudah terhapus, maka baris data tersebut tidak dapat dikembalikan lagi ke dalam database.

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk menghapus baris data di dalam tabel database MySQL adalah DELETE. Dengan perinah DELETE ini Anda dapat menentukan untuk memilih data mana yang akan dihapus, yaitu dengan klausa WHERE sebagai opsi untuk menentukan data yang akan dihapus.

DELETE FROM nama_tabel WHERE nama_kolom = nilai_data;

Dari sintaks SQL di atas, tabel nama_tabel adalah nama tabel yang isi datanya akan dihapus. Kemudian nama_kolom adalah kolom kunci dari tabel tersebut, biasanya sebagai kolom Primery Key, dan nilai_data adalah data yang ada di dalamnya.

Sebagai contoh, Kita akan menghapus data yang ada di dalam tabel siswa, data yang dihapus adalah data Jurusan dengan Kode J003, maka perintahnya adalah:

DELETE FROM siswa WHERE kd_siswa = ‘S0003’;

Dengan perintah di atas, maka data Siswa dengan Kode S0003 akan dihapus. Sedangkan data Siswa yang lain tidak akan dihapus.

Untuk melihat kembali data terakir setelah dihapus, Anda dapat menggunakan perintah berikut ini:

SELECT * FROM siswa;

Semoga artikel ini bermanfaat

Untuk artikel yang lain, Anda dapat membaca pada halaman Perintah SQL

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho