Monthly Archives: March 2014

Tugas Akhir Informatika : Sistem Informasi Pemesanan Tiket Travel Berbasis Web dan SMS Gateway dengan Gammu, PHP-MySQL

Kami tim Bunafit Komputer menyediakan contoh program Pemesanan Tiket Travel berbasis SMS Gateway dengan Gammu untuk Referensi Contoh Skripsi Teknik Informatika, dengan judul Sistem Informasi Pemesanan Tiket Travel Berbasis Web dan SMS Gateway dengan Gammu, PHP-MySQL. Programnya sudah jadi, sehingga Anda dapat membelinya langsung tanpa harus memesannya. Dengan Source code program SMS Gateway ini, Anda dapat mempercepat Proyek Skripsi Anda, sehingga Target untuk Ujian Pendadaran bisa cepat tercapai.

Kami Tidak Menjual Makalah Penelitian, akan tetapi Kami hanya menjual Source Code programnya saja. Silahkan gunakan source code program yang sudah Kami buat ini untuk melengkapi Makalah Penelitian yang sudah Anda tulis. Daripada Anda harus membuat programnya sendiri pasti akan membutuhkan waktu setidaknya 1 semester atau lebih lama lagi, maka lebih baik Programnya dari Kami, Anda tinggal menyusun makalah penelitiannya, sehingga Target Lulus bisa lebih termanajemen dengan baik.

Program Tiket Travel berbasis Web ini bukan Website (bukan Pemesanan Online), melainkan Program Aplikasi Kasir untuk Pemesanan dan Penjualan Tiket Travel di Kantor Travel. Dengan dilengkapi fasilitas SMS Gateway, maka Pelanggan dapat mencari Tiket dan Memesan Tiket lewat fasilitas SMS yang dikirim ke SMS Center program. Dari pihak manajemen tiketing juga dapat membuat SMS Promosi kepada Pelanggan dengan cara mengirimkan SMS Broadcash (SMS Masal), juga dapat mengirim SMS ke Pelanggan sebagai konfirmasi Keberangkatan dari Tiket yang sudah dipesan.

Fasilitas Program Manajemen Data :

  • Manajemen Data Rute dan Harga
  • Manajemen Data Jadwal Keberangkatan
  • Manajemen Data Tiket, dilengkapi dengan Export jadwal Keberangkatan
  • Manajemen Data Pelanggan, dilengkapi dengan Manajemen Grup (Kategori)
  • Transaksi Pemesanan Tiket Oleh Pelanggan yang Datang Langsung ke Kantor
  • Transaksi Penjualan Tiket Oleh Pelanggan yang Datang Langsung ke Kantor

Fasilitas SMS Gateway :

  • Manajemen SMS Masuk (Inbox)
  • Manajemen SMS Keluar (Outbox)
  • Kirim SMS ke Persona Number (ke 1 nomor)
  • Kirim SMS ke Grup Pelanggan
  • Manajemen SMS Pemesanan (Order Tiket) oleh Pelanggan
  • Fasilitas SMS Auto Replay untuk Pencarian Tiket oleh Pelanggan
  • Fasilitas SMS Auto Send untuk Konfirmasi Keberangkatan dari Server ke Nomor Pelanggan
  • dll

PEMBELIAN PROGRAM:
Source Code Program Tiket Travel berbasis Web dan SMS Gateway
ini kami jual dengan harga Rp. 2.000.000,-, Anda dapat membelinya untuk diterapkan pada Tugas Akhir (TA) dan Proyek Skripsi, Anda tinggal memodifikasinya dan Skripsi Anda Cepat Selesai.

KODE PEMESANAN APLIKASI  : Berminat Membeli Program Aplikasi Kasir Tiket Travel Berbasis Web dan SMS Gateway ( Gammu Server – PHP )

KIRIM WHATSAPP : 0858.4001.1585

JASA PEMBUATAN PROGRAM BARU
Kami juga menerima Jasa Pembuatan Program Baru dengan tema kasus Sistem Informasi Tiket Travel Berbasis Web dan SMS Gateway, dengan waktu pembuatan kisaran 1 bulan kerja, atau bisa lebih lama tergantung kerumitan program. Biayanya pemesanan program baru adalah Rp. 3.500.000,- sudah termasuk revisi program selama 1 bulan setelah serah terima program, biaya revisi gratis selama yang direvisi tidak keluar dari konsep yang dipesan.

Semua program yang Kami buat dapat dimodifikasi lagi, karena Kami kerjakan dengan PHP-MySQL yang ada di XAMPP 1.8 atau yang lebih tinggi lagi, dengan menggunakan editor Dreamweaver. Program yang Kami buat semuanya dapat dimodifikasi lagi, dan dapat dipelajari dengan mudah oleh Pemula.

Jika membutuhkan jasa Kami, silahkan kontak Kami.

Salam Sukses

Bunafit Nugroho

Tugas Akhir Informatika – Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver

Bagi Anda yang membutuhkan Program Aplikasi PMB Online berbasis Web, maka Anda dapat membeli produk skrip terbaru yang dikeluarkan oleh tim Bunafit Komputer, yaitu dengan judul Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver. Program aplikasi ini adalah Website untuk Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru(PMB) secara online yang dapat diterapkan pada Universitas maupun Sekolah Tinggi, dengan pemilihan beberapa jurusan sekaligus. Pada contoh yang kami berikan, ada 2 pilihan Jurusan dan masing-masing jurusan dilengkapi dengan form isian besaran sumbangan uang gedung yang dapat ditulis oleh Pendaftar.

Program Aplikasi PMB Online ini dikembangkan dengan XAMPP Server dan dengan editor Dreamweaver. Desain tampilan dan form dibuat dengan Dreamweaver dari halaman desain, kemudian skrip programnya dibuat dari halaman Code Dreamweaver. Dengan cara memisahkan skrip HTML dan skrip PHP-MySQL (<?php ….?>), maka semua bagian program dapat dipelajari dan dimodifikasi dengan mudah oleh siapapun, meskipun Anda pemula.

Source code Program Aplikasi PMB Online ini dapat Anda terapkan sebagai bahan dan referensi contoh Proyek Tugas Akhir(TA) dan juga sebagai contoh Proyek Skripsi, khususnya bagi Anda yang mengambil jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Anda tinggal menerapkan sistem ATM (Ambil Tiru dan Modifikasi).

Berikut ini adalah alur kerja dari Program Aplikasi PMB Online:

  1. Dari website, calon Mahasiswa dapat melihat pengumuman yang ada.
  2. Calon Mahasiswa membuat akun dan Login dari website PMB Online.
  3. Calon Mahasiswa dapat mendaftarkan diri secara Online dari Website utama sistem PMB Online, yaitu dengan cara mengisi formulir pendaftaran dengan mengisi data lengkap. Selanjutnya data yang sudah diinput dapat diperbaiki jika ada yang salah.
  4. Calon Mahasiswa dapat melengkapi form pendaftarannya dengan mengirim berkas syarat-syaratnya lewat Upload berkas, dengan memaket datanya dalam bentuk PDF atau file gambar.
  5. Calon Mahasiswa dapat mentransfer biaya pendaftaran sebagai syarat mendaftar sebesar (misalnya 100.000) ke rekening Kampus, kemudian bukti transfer dapat di-Scan dan dikirim melalui form pengiriman bukti syarat dalam Website PMB Online.
  6. Calon Mahasiswa yang datanya sudah divalidasi oleh panitia PMB, akan mendapat undangan untuk mengikuti Tes Langsung di sekolah.
  7. Calon Mahasiswa dapat melihat hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia PMB. Hasilnya, yaitu apakah DITERIMA atau DITOLAK. Informasi ini secara otomatis akan muncul di halaman web sistem PMB Online.
  8. Calon Mahasiswa yang dinyatakan DITERIMA, diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang (pendaftaran ulang) ke Kampus, dengan membayar biaya daftar ulang.
  9. Pendaftaran ulang dilakukan oleh Panitia PMB.
  10. Calon Mahasiswa yang sudah daftar ulang dicatat menjadi Mahasiswa Baru pada Kampus/Universitas tersebut.
  11. Panitia PMB kemudian membagi Mahasiswa baru tersebut ke dalam kelas masing-masing, misalnya Kelas 1 A, Kelas 1 B dan seterusnya.

PEMBELIAN PROGRAM:
Source Code Program Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online
ini Kami jual dengan harga Rp. 600.000,- ( enam ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk pengembangan dan contoh proyek Tugas Akhir (TA) dan Skripsi.

KODE PEMESANAN APP : Berminat Membeli Program Aplikasi PMB Online (Mahasiswa)

KIRIM WHATSAPP : 0858.4001.1585

Source code program PMB Online ini juga dapat Anda kembangkan untuk Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online pada Kampus tempat Anda bekerja, atau bahkan juga dapat dimodifikasi lagi sesuai kebutuhan. Anda juga dapat memakainya untuk referensi dan contoh Proyek Skripsi dan untuk contoh proyek Tugas Akhir(TA).

Berikut ini adalah Relasi Tabel Sistem Penerimaan Sistem Baru (PMB) yang sudah kami buat lewat software Visio :

Relasi Tabel ERD Program Aplikasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online Berbasis Web

Relasi Tabel ERD Program Aplikasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online Berbasis Web

Berikut ini adalah tampilan Website Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), semua desain tampilan dibuat dari Dreamweaver, dengan caramemisahkan skrip HTML dan PHP-MySQL. Terikut tampilannya:

Proses Pendaftaran Akun Login Calon Mahasiswa. Setelah memiliki akun, lakukan Login dan bisa mengisi form Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru.

Proses Pendaftaran Akun Login Calon Mahasiswa. Setelah memiliki akun, lakukan Login dan bisa mengisi form Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru.

Form Pendaftaran Mahasiswa Baru - Part 1. Harus login akun dulu, baru mengakses form pendaftaran mahasiswa baru.

Form Pendaftaran Mahasiswa Baru – Part 1. Harus login akun dulu, baru mengakses form pendaftaran mahasiswa baru.

Form Pendaftaran Mahasiswa Baru - Part 2 : Memilih 2 Jurusan yang disediakan, dan mengisi nilai Sumbangan akademik, juga mengisi nilai raport hasil dari kelas X, XI dan XII mulai dari Semseter 1 dan 2.

Form Pendaftaran Mahasiswa Baru – Part 2 : Memilih 2 Jurusan yang disediakan, dan mengisi nilai Sumbangan akademik, juga mengisi nilai raport hasil dari kelas X, XI dan XII mulai dari Semseter 1 dan 2.

Form Pengiriman Berkas Syarat Calon Mahasiswa Baru

Form Pengiriman Berkas Syarat Calon Mahasiswa Baru

Berikut ini adalah sebagian tampilan dari Halaman Administrator, login sebagai admin atau Pengajaran:

Halaman Admin untuk Melihat Data Pendaftaran yang Masuk

Halaman Admin untuk Melihat Data Pendaftaran yang Masuk

Halaman Admin untuk Memperbaiki Data Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru. Juga dapat dipakai untuk Melakukan Pendaftaran Langsung Calon Mahasiswa

Halaman Admin untuk Memperbaiki Data Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru. Juga dapat dipakai untuk Melakukan Pendaftaran Langsung Calon Mahasiswa

Halaman Admin untuk Memperbaiki Data Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2

Halaman Admin untuk Memperbaiki Data Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2

Semua bagian dari Source Code Program PMB Online ini dibuat dari Dreamweaver, diketik secara manual (tidak menggunakan Template, juga bukan CMS Gratisan), dibuat dengan memisahkan Kode HTML desain tampilannya dan Skrip PHP-MySQL dengan cara buka tutup php (), sehingga mudah dipelajari dan dapat dimodifikasi oleh Pemula seperti Anda, tampilannya seperti contoh gambar di bawah:

Program Aplikasi PMB Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver

Program Aplikasi PMB Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver

Harga source code Program PMB Online ini Rp. 750.000,- ( tujuh ratus limapuluh ribu rupiah ) source code akan Kami kirim ke Email Anda setelah transfer pemayaran ke Rekening BNI a/n Bunafit Nugroho.

Pembelian lewat SMS : BunafitKomputer, minta rekening untuk pembayaran Program Aplikasi PMB Online (Mahasiswa)

Kirim SMS Ke : 0857 2799 8969

Selain Program Aplikasi PMB Online di atas, Kami juga sudah mengeluarkan skrip Program PSB Online untuk tingkat SMP/SMA, yaitu dengan judul Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online berbasis Web.

Semoga informasi ini dapat membantu

Salam Belajar

Bunafit Nugroho

Tugas Akhir Informatika – Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver

Bagi Anda mahasiswa Informatika dan Ilmu Komputer yang saat sedang membuat Proyek Program Aplikasi Penggajian Karyawan, saat ini Anda tidak usah lagi pusing untuk mendapatkan referensi contoh programnya, karena kami tim Bunafit Komputer telah merilis produk Source code baru, dengan judul Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi Berbasis Web dengan PHP-MySQL Dreamweaver.

Source code Program Penggajian ini dibuat dengan paket XAMPP 1.8, menggunakan editor Dreamweaver. Teknik pengkodeannya dengan memisah antara kode HTML untuk desain dan skrip PHP-MySQL, sehingga dapat dipelajari dari jendela Code dan Design Dreamweaver.

Source Code Program Aplikasi Penggajian Karyawan dan Absensi ini sengaja Kami buat dengan bahasa pemrograman PHP-MySQL yang mudah dan dibuat dengan editor Dreamweaver, sehingga dapat dipelajari oleh siapapun bahkan untuk pemula sekalipun. Source code program ini dapat Anda pakai untuk Contoh & Referensi Proyek Tugas Akhir(TA) Manajemen Informatika ataupun Skripsi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

Dengan membeli source code program penggajian dan absensi yang kami buat maka proyek Anda akan lebih cepat, dan Anda bisa cepat maju ke meja pendadaran. Teknik menggunakan source code program ini adalah dengan cara ATM (Ambil Tiru dan Modifikasi). Jadi, silahkan modifikasi program dari Kami ini untuk dijadikan obyek Penelitian Tugas Akhir(TA) dan Skripsi Anda. Anda dapat mengembangkan lagi source code programnya dengan mudah, semua bagian skrip PHP-MySQL telah Kami beri penjelasan berupa comment.

Fasilitas pada halaman Administrator mencakup :

  • Manajemen Data User Login
  • Manajemen Data Kantor
  • Manajemen Data Jabatan
  • Manajemen Data Bagian
  • Manajemen Data Karyawan
  • Manajemen Data Riwayat Jabatan Karyawan
  • Manajemen Data Riwayat Mutasi (Kantor) Karyawan
  • Manajemen Data & Transaksi Peminjaman (Hutang) Karyawan
  • Manajemen Data & Transaksi Lembur Kerja Karyawan
  • Manajemen Data & Transaksi Penggajian Karyawan
  • Manajemen Data & Transaksi Absensi Karyawan

Semua fasilitas Manajemen Data dan Transaksi dilengkapi dengan fasilitas Laporan dan Cetak Data Laporan, dan disertai dengan filter data berdasarkan Bulan dan Tahun Transaksi, juga dengan filter Tanggal Transaksi.

PEMBELIAN PROGRAM:
Source Code Program Aplikasi Penggajian Karyawan & Absensi
ini Kami jual dengan harga Rp. 500.000,- ( lima ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk Tugas Akhir (TA) dan Skripsi.

KODE PEMESANAN APP : Berminat Membeli Program Aplikasi Penggajian Karyawan (Berbasis PHP)

KIRIM WHATSAPP : 0858.4001.1585

Berikut ini adalah tampilan Relasi Tabel Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi, kami membuatnya lewat Software Visio. Sebelumnya mohon maaf, sebagian nama atribut (nama kolom) kami hidden.

Relasi Tabel Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi - Program Aplikasi Penggajian

Relasi Tabel Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi – Program Aplikasi Penggajian

Berikut ini adalah beberapa tampilan halaman program aplikasi penggajian dan absensi yang sudah kami selesaikan, semua tampilan form dan desain program dibuat lewat editor Design Dreamweaver, dan semua kode program PHP-MySQL dibuat dari halaman Code Dreamweaver.

Program Aplikasi Penggajian dan Absensi - Halaman Program Manajemen Data Karyawan

Program Aplikasi Penggajian dan Absensi – Halaman Program Manajemen Data Karyawan

Program Aplikasi Penggajian dan Absensi - Halaman Program Tambah dan Ubah Data Karyawan

Program Aplikasi Penggajian dan Absensi – Halaman Program Tambah dan Ubah Data Karyawan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian - Halaman Tampil Data Riwayat Jabatan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian Karyawan – Halaman Tampil Data Riwayat Jabatan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian - Halaman Tambah Data Riwayat Jabatan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian Karyawan – Halaman Tambah Data Riwayat Jabatan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian Karyawan - Halaman Tambah Data Riwayat Mutasi Jabatan

Tampilan Program Aplikasi Penggajian Karyawan – Halaman Tambah Data Riwayat Mutasi Jabatan

Halaman Program Tambah Data Pinjaman Karyawan

Halaman Program Tambah Data Pinjaman Karyawan

Halaman Program Tambah Data Lembur Karyawan

Halaman Program Tambah Data Lembur Karyawan

Tampilan Program Manajemen Data Transaksi Penggajian Karyawan

Tampilan Program Manajemen Data Transaksi Penggajian Karyawan

Tampilan Program Transaksi Penggajian Karyawan

Tampilan Program Transaksi Penggajian Karyawan

Tampilan Program Slip Nota Gaji Karyawan

Tampilan Program Slip Nota Gaji Karyawan

Berikut ini adalah tampilan halaman Laporan dan Cetak Data yang sudah kami buat, halaman ini dapat langsung dicetak ke Printer.

 Laporan Transaksi Penggajian

Laporan Transaksi Penggajian

Laporan Absensi Karyawan

Laporan Absensi Karyawan

Bagi yang butuh form tampilan lengkapnya, Anda dapat mempelajarinya dari PDF link berikut ini : Contoh Program Penggajian Karyawan.

Selain Program Aplikasi Penggajian Karyawan di atas, Anda juga dapat membeli Source code yang dengan studi kasus Penggajian Pegawai, yaitu Sistem Informasi Penggajian Pegawai dan Absensi Berbasis Web dengan PHP-MySQL dan Dreamweaver.

Harga source code program ini Rp. 500.000,- (lima ratus ribu), source code akan Kami kirim ke Email Anda setelah transfer pemayaran ke Rekening BNI a/n Bunafit Nugroho.

Pembelian lewat SMS : mas Bunafit, minta rekening untuk pembayaran Program Aplikasi Penggajian Karyawan (PHP)
Kirim SMS Ke : 0857 2799 8969

* Note : Semua bagian program Kami buat dari Dreamweaver, baik desain tampilan maupun skrip programnya. Dibuat secara manual, menggunakan Prosedural Program, tidak menggunakan skrip OOP, tidak menggunakan framework.

Semoga informasi ini dapat membantu

Salam Belajar

Bunafit Nugroho

Tugas Akhir Informatika – Program Aplikasi Ujian (Tes) Online Mahasiswa – Sistem Informasi Ujian Mahasiswa Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL Dreamweaver

Selain Program Aplikasi Ujian Online Siswa, tim Bunafit Komputer juga merilis Program Aplikasi Ujian (Tes) Online Mahasiswa Berbasis Web. Source Code Program Ujian Online tersebut dikembangkan dengan PHP-MySQL dan editor Dreamweaver di Windows, menggunkan paket XAMPP Server 5. Program Aplikasi Ujian Online ini penerapannya adalah untuk Ujian Mahasiswa Secara Online, baik secara Intranet (lokal kampus) maupun secara Online di Internet.

Dengan adanya Program Aplikasi Ujian (Tes) Online ini, maka Mahasiswa dapat mengikuti Ujian ataun Tes dari setiap matakuliah melalui Aplikasi berbasis Web, dapat diterapkan pada Lab Komputer, sehingga proses Ujian Mahasiswa dapat dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, Dosen atau Pihak Pengajaran juga dapat melakukan Ujian Online tersebut untuk dikerjakan Secara Langsung di Rumah masing-masing menggunakan Laptop atau Komputer Pribadi.

Source Code Program Ujian (Tes) Online ini dapat dipakai untuk Pengembangan Proyek Tugas Akhir(TA) dan Skripsi, khususnya Anda mahasiswa Manajemen Informatika dan Teknik Informatika, juga dapat dipakai untuk Skripsi Ilmu Komputer.

Source Code Program Ujian Online Mahasiswa ini dapat Anda dimodifikasi lagi dengan mudah, karena semua bagian program dibuat dengan editor Dreamweaver. Source code dibuat dengan memisahkan antara tag HTML dan skrip PHP-MySQL, sehingga antara desain tampilan dengan skrip PHP akan tampak berbeda jika dibuat lewat Dreamweaver, dengan cara ini memudahkan para Pemula untuk dapat mempelajari dan mengembangkannya.

Program Aplikasi Ujian (Tes) Online ini dapat menampung Soal Teks dan juga Soal Bergambar, tentunya dengan jawaban berupa pilihan (A, B, C, D dan E). Program Ujian Online ini juga dapat menampung banyak Matakuliah, dan setiap Matakuliah dapat memiliki banyak Soal pilihan ganda, bahkan bisa ratusan soal seperti layaknya Ujian nyata yang biasa dilakukan dengan kertas dan lembar awaban.

Berikut ini adalah alur programnya:

  1. Administrator (Pengajaran) menginput data Matakuliah dan Soal yang akan diujikan
  2. Administrator menginput data Mahasiswa ke Program Ujian Online
  3. Administrator Memberikan Username dan Password kepada Mahasiswa
  4. Administrator Membuat Proyek Ujian (misal Ujian Sejarah), dan memasukkan Mahasiswa dalam Kelas Ujian tersebut dengan cara memilih pada Cekbox.
  5. Mahasiswa dapat Login ke Website Ujian Online dengan Akun yang dia dapat dari Administrator
  6. Mahasiswa dapat Mengerjakan Ujian yang disajikan di Website, ujian berdasarkan Matakuliah yang ada.
  7. Mahasiswa dapat Mengetahui Hasil ujian setelah dinilai oleh Administrator.
  8. Administrator dapat Melihat Semua hasil Ujian Mahasiswa yang sudah mengerjakan.
  9. Administrator dapat Memberi Nilai dan Hasil (Lulus/Gagal) dari setiap Mahasiswa yang telah mengikuti Ujian. Setelah dinilai, maka lembar ujian yang ada akan ditutup, dan Mahasiswa tidak dapat mengakses kecuali melihat hasilnya.
  10. Hasil Ujian dapat dilihat langsung oleh Mahasiswa yang Login, dan dapat dicetak

Program Aplikasi Ujian (Tes) Online Mahasiswa ini dapat diterapkan untuk Anda selaku Dosen, sehingga dapat memudahkan proses Ujian ataupun Latihan Ujian seperti Pra Mid Semester dengan mudah, karna semuanya bisa Online.

PEMBELIAN PROGRAM:
Source Code Program Ujian (Tes) Online Mahasiswa
ini Kami jual dengan harga Rp. 700.000,- ( tujuh ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk TA/Skripsi.

KODE PEMESANAN APLIKASI : Berminat Membeli Program Aplikasi Ujian Online Mahasiswa ( PHP dan database MySQL )

KIRIM WHATSAPP : 0858.4001.1585

Source program akan kami kirimkan ke Email setelah pembayaran dikirim ke rekening BNI a/n: Bunafit Nugroho, silahkan SMS untuk pembeliannya. Kami juga menerima jasa Update program jika dibutuhkan, biayanya negosiasi di email.

RELASI ANTAR TABEL APLIKASI
Berikut ini adalah gambaran Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian (Tes) Online Mahasiswa berbasis Web dengan PHP-MySQL yang sudah kami buat lewat Software Visio, sebagian kami tutup, mohon maaf !, akan kami kirim versi lengkapnya setelah Pembelian.

Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian Online Mahasiswa berbasis Web - Program Aplikasi Ujian Online

Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian Online Mahasiswa berbasis Web – Program Aplikasi Ujian Online

TAMPILAN PROGRAM ADMIN
Berikut ini adalah gambar tampilan halaman program yang dipakai untuk mengelola Ujian Online, mulai dari Matakuliah, Soal dan data Mahasiswa.

Tampilan Program Manajemen Data Mahasiswa

Tampilan Program Manajemen Data Mahasiswa

Tampilan Program Simpan Tambah Data Mahasiswa, dilengkapi dengan Upload Foto Mahasiswa

Tampilan Program Simpan Tambah Data Mahasiswa, dilengkapi dengan Upload Foto Mahasiswa

Tampilan Program Manajemen Data Soal Ujian. Soal dapat dilengkapi dengan Gambar

Tampilan Program Manajemen Data Soal Ujian. Soal dapat dilengkapi dengan Gambar

Tampilan Program Simpan Tambah Data Soal Ujian

Tampilan Program Simpan Tambah Data Soal Ujian

Program Ssimpan Tambah Data Proyek Ujian. Proyek dibuat berdasarkan Matakuliah, dan jumlah Mahasiswa sebagai Peserta dapat dipilih pada Cekbox.

Program Ssimpan Tambah Data Proyek Ujian. Proyek dibuat berdasarkan Matakuliah, dan jumlah Mahasiswa sebagai Peserta dapat dipilih pada Cekbox.

Halaman Program Penilaian Hasil Ujian Mahasiswa

Halaman Program Penilaian Hasil Ujian Mahasiswa

Melihat Hasil jawaban ujian yang sudah dikerjakan Mahasiswa

Melihat Hasil jawaban ujian yang sudah dikerjakan Mahasiswa

TAMPILAN WEBSITE UJIAN ONLINE (UNTUK MAHASISWA)
Berikut ini adalah gambar tampilan halaman Website yang dipakai untuk Mahasiswa dalam mengerjakan Soal Ujian Online yang telah dibuat oleh Administrator/Pengajaran. Untuk mengakses halaman ini, Mahasiswa harus login terlebih dahulu.

Website Ujian Online Menampilkan Daftar Ujian yang Diadakan Kampus

Website Ujian Online Menampilkan Daftar Ujian yang Diadakan Kampus

Website Ujian Online - Halaman Lembar Kerja Ujian Online dengan Soal Pilihan Ganda

Website Ujian Online – Halaman Lembar Kerja Ujian Online dengan Soal Pilihan Ganda

Website Ujian Online - Soal Ujian ditampilkan dalam Soal Teks dan Soal Gambar

Website Ujian Online – Soal Ujian ditampilkan dalam Soal Teks dan Soal Gambar

Hasil Ujian Online Mahasiswa dapat Dilihat dan Dicetak setelah Selesai Penilaian dari Admin atau Dosen

Hasil Ujian Online Mahasiswa dapat Dilihat dan Dicetak setelah Selesai Penilaian dari Admin atau Dosen

Dengan program Ujian Online Mahasiswa ini maka diharapkan Proyek Skripsi/TA Anda akan Cepet Selesai, dan Anda akan Cepat Diwisuda. Karena Anda tidak lagi membuat programnya dari 0, Anda dapat memodifikasi dari Program Kami, jauh lebih cepat karna menerapkan sistem ATM (Ambil Tiru dan Modifikasi). Selamat untuk Anda.

Untuk Pembelian silahkan SMS  : mas Bunafit, minta rekening untuk pembayaran Program Aplikasi Ujian Online Mahasiswa
Kirim SMS Ke : 0857 2799 8969

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Tugas Akhir Informatika – Program Aplikasi Ujian (Tes) Online Siswa SMP/SMA – Sistem Informasi Ujian Siswa Online Berbasis Web dengan PHP-MySQL Dreamweaver

Bunafit Komputer merilis produk Source code baru dengan nama Source Code Program Aplikasi Ujian (Tes) Online Siswa SMP/SMA berbasis Web yang dikembangkan dengan PHP-MySQL dan editor Dreamweaver di Windows. Program aplikasi ujian online ini dapat diaplikasikan pada Sekolah secara umum, yaitu tingkat SMP, SMA dan juga SMK ataupun yang sederajad. Program aplikasi ujian online ini dapat dipakai untuk Proyek Latihan Ujian bersama secara Online dengan Komputer di Lab Sekolah maupun Secara Online di Rumah masing-masing, sehingga siswa dapat mengaksesnya secara online menggunakan Komputer ataupun Laptop pribadi di rumah dengan memanfaatkan jaringan Internet.

Source Code Program Aplikasi Ujian (Tes) Online ini dapat dipakai untuk Pengembangan Proyek Tugas Akhir(TA) dan Skripsi, khususnya Anda mahasiswa Manajemen Informatika dan Teknik Informatika.

Source Code Program Ujian Online ini dapat dimodifikasi dengan mudah, karena dibuat dengan editor Dreamweaver di Windows, dengan memisahkan antara tag HTML dan skrip PHP-MySQL, sehingga antara desain tampilan dengan skrip PHP akan dipisah, dengan cara ini memudahkan para Pemula untuk dapat mempelajari dan mengembangkannya.

Program Aplikasi Ujian (Tes) Online ini dapat menampung Soal Teks dan juga Soal Bergambar, tentunya dengan jawaban berupa pilihan (A, B, C, D dan E). Program Ujian Online ini juga dapat menampung banyak Pelajaran, dan setiap Pelajaran dapat memiliki banyak Soal, bahkan bisa ratusan soal seperti layaknya Ujian nyata yang biasa dilakukan dengan kertas dan lembarj awaban.

Untuk memudahkan dalam memahami, berikut ini adalah alur programnya yang ada :

  1. Administrator (Pengajaran) menginput data Pelajaran dan Soal yang akan diujikan
  2. Administrator menginput data Siswa ke Program Ujian Online
  3. Administrator Memberikan Username dan Password kepada Siswa
  4. Administrator Membuat Proyek Ujian (misal Ujian Sejarah), dan memasukkan Siswa dalam Kelas Ujian tersebut dengan cara memilih pada Cekbox.
  5. Siswa dapat Login ke Website Ujian Online dengan Akun yang dia dapat dari Administrator
  6. Siswa dapat Mengerjakan Ujian yang disajikan di Website, ujian berdasarkan Pelajaran yang ada.
  7. Siswa dapat Mengetahui Hasil ujiannya setelah dinilai oleh Administrator, selama belum dinilai Siswa dapat mengakses lembar ujiannya.
  8. Administrator dapat Melihat Semua hasil Ujian Siswa yang sudah mengerjakan.
  9. Administrator dapat Memberi Nilai dan Hasil (Lulus/Gagal) dari setiap Siswa yang telah mengikuti Ujian.
  10. Hasil Ujian dapat dilihat langsung oleh Siswa yang Login, dan dapat dicetak

Program Aplikasi Ujian Online Siswa ini dapat diterapkan langsung untuk Sekolah, baik untuk SMP, SMA dan juga SMK. Anda dapat mengembangkannya lagi untuk kebutuhan yang lebih spesifik dan profesional.

PEMBELIAN PROGRAM:
Source Code Program Ujian (Tes) Online Siswa SMP/SMA/SMK
ini Kami jual dengan harga Rp. 700.000,- ( Tujuh ratus ribu rupiah). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk TA/Skripsi.

KODE PEMESANAN APLIKASI : Berminat Membeli Program Aplikasi Ujian Online Siswa (SMP/SMA/SMK) Berbasis Web PHP dan MySQL

KIRIM WHATSAPP : 0858.4001.1585

Source program akan kami kirimkan ke Email setelah pembayaran dikirim ke rekening BNI a/n: Bunafit Nugroho, silahkan SMS untuk pembeliannya. Kami juga menerima jasa Update program jika dibutuhkan, biayanya negosiasi di email.

RELASI ANTAR TABEL APLIKASI
Berikut ini adalah gambaran Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian (Tes) Online Siswa berbasis Web dengan PHP-MySQL yang sudah kami buat lewat Software Visio, sebagian kami tutup, mohon maaf !, akan kami kirim versi lengkapnya setelah Pembelian.

Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian Siswa Online berbasis Web - Program Ujian Online

Relasi Tabel Sistem Informasi Ujian Siswa Online berbasis Web – Program Ujian Online

TAMPILAN PROGRAM ADMIN
Berikut ini adalah gambar tampilan halaman program yang dipakai untuk mengelola Ujian Online, mulai dari Pelajaran, Soal dan data Siswa.

Program Manajemen Data Soal Ujian. Soal dapat berupa Teks saja, ataupun Teks dan Gambar

Program Manajemen Data Soal Ujian. Soal dapat berupa Teks saja, ataupun Teks dan Gambar

Program Simpan Tambah Data Soal Ujian. Soal dapat berupa Teks dan juga Soal Gambar

Program Simpan Tambah Data Soal Ujian. Soal dapat berupa Teks dan juga Soal Gambar

Program Manajemen Data Siswa (Tambah, Edit, Delete dan Cari), dilengkapi dengan fasilitas Cari Siswa

Program Manajemen Data Siswa (Tambah, Edit, Delete dan Cari), dilengkapi dengan fasilitas Cari Siswa

Program Simpan Tambah Data Siswa. Data siswa dilengkapi dengan Foto.

Program Simpan Tambah Data Siswa. Data siswa dilengkapi dengan Foto.

Halaman Program untuk Membuat Proyek Ujian Baru pada Siswa. Pilih pada cekBox untuk memasukkan Mahisswa ke dalam Kelas Ujian

Halaman Program untuk Membuat Proyek Ujian Baru pada Siswa. Pilih pada cekBox untuk memasukkan Mahisswa ke dalam Kelas Ujian

Halaman Program untuk Penilaian pada Hasil Ujian Siswa

Halaman Program untuk Penilaian pada Hasil Ujian Siswa

Halaman Program Untuk Melihat Hasil Jawaban yang Dikerjakan oleh Siswa, terlihat jawaban Salah dan Benar

Halaman Program Untuk Melihat Hasil Jawaban yang Dikerjakan oleh Siswa, terlihat jawaban Salah dan Benar

TAMPILAN WEBSITE UJIAN ONLINE (UNTUK SISWA)
Berikut ini adalah gambar tampilan halaman Website yang dipakai untuk Siswa dalam mengerjakan Soal Ujian Online yang telah dibuat oleh Administrator/Pengajaran. Untuk mengakses halaman ini, Siswa harus login terlebih dahulu.

Website Siswa Setelah Login, Tapilan Daftar Proyek Ujian, ditampilkan Ujian yang sudah Selesai dan masih Berlangsung.

Website Siswa Setelah Login, Tapilan Daftar Proyek Ujian, ditampilkan Ujian yang sudah Selesai dan masih Berlangsung.

Masuk ke halalam Ujian Online, ditampilkan Soal dan Jawaban Pilihan Ganda

Masuk ke halalam Ujian Online, ditampilkan Soal dan Jawaban Pilihan Ganda

Halaman Ujian Online Siswa, Soal Teks dan Soal Gambar dengan Jawaban Pilihan Ganda

Halaman Ujian Online Siswa, Soal Teks dan Soal Gambar dengan Jawaban Pilihan Ganda

Dengan program Ujian Online Siswa ini maka diharapkan Proyek Skripsi/TA Anda akan Cepet Selesai, dan Anda akan Cepat Diwisuda. Daripada Anda harus membuat programnya dari 0, jauh lebih lama dan rugi waktu. Cera cepatnya adalah ATM (Ambil Tiru dan Modifikasi). Selamat untuk Anda.

Untuk Pembelian silahkan SMS  : mas Bunafit, minta rekening untuk pembayaran Program Aplikasi Ujian Online Siswa (Web PHP)
Kirim SMS Ke : 0857 2799 8969

UJIAN v2.2 ( New Versi ) : BANK SOAL Terbaru

Pada Januari 2015 ini, Kami telah mengembangkan versinya menjadi versi 2 dengan konsep Sistem Bank Soal. Dengan definisi yang Kami tambahkan adalah :

  • Status Soal (Aktif/ Tidak Aktif) : Soal dapat menampung banyak soal, dengan staus Aktif dan Tidak Aktif. Untuk Soal yang berstatus Aktif, artinya soal tersebut akan dibagikan kepada Siswa saat Ujian berlangsung. Sedangkan untuk Soal Tidak Aktif, maka soalnya tidak akan dibagikan.
  • Soal Acak : Soal akan dibagikan secara Acak kepada Siswa yang login untuk mengerjakan ujian. Soal yang diacak diambil dari tabel soal (bank Soal) dengan status soal Aktif.
  • Menentukan Soal Bagi : Soal akan dibagikan sebanyak Jumlah yang ditentukan pada data Pelajaran. Jadi misalnya di dalam informasi Pelajaran 1 ( Bahasa Indonesia ) diberi nilai soal baginya adalah 10, maka Soal yang akan dibagikan kepada Siswa sebanyak 10 soal, dan soal akan diambilkan secara acak dari tabel soal.
  • dan lain-lain, skrip dan struktur databasenya menyesuaikan konsep baru ini.

Untuk konsep Bank Soal di atas, Anda akan mendapatkan tanpa biaya tambahan jika membelinya Program Aplikasi Ujian Online Siswa ini sekarang, karena Besok versi terbaru ini akan dijual dengan paket sendiri. Jika Anda sebelumnya sudah pernah membeli paket Ujian v 2.1, maka untuk mendapatkan skrip program Ujian v 2.2 Bank Soal ini dikenakan biaya Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah).

Program Aplikasi Ujian Online untuk Siswa SMK

Untuk diterapkan pada Sekolah SMK yang memiliki beberapa pembagian Jurusan, maka Anda dapat mengembangkan sendiri programnya dengan menambahkan data Jurusan dalam database, kemudian menghubungkannya dengan tabel siswa, tabel pelajaran dan tabel lain yang terkait. Jika Anda menginginkan paket itu, Kami sudah merilisnya, yaitu Program Aplikasi Ujian Online Khusus Untuk Siswa SMK

Tapi sebenarnya, dengan memiliki Aplikasi Ujian Online Siswa SMP/SMA ini juga sudah dapat dipakai di kelas Anda pada Sekolah SMK, khususnya pada satu Jurusan yang Anda pegang.

Program Aplika

Kami juga mengembangkan program Ujian Online di atas untuk Ujian Mahasiswa, silahkan buka artikel Sistem Informasi Ujian Online Mahasiswa berbasis Web dengan PHP-MySQL.

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Perintah SQL : ORDER BY Untuk Mengurutkan Data

Perintah ORDER BY adalah bagian dari Perintah SELECT, perintah ORDER BY dipakai untuk mengurutkan data, pilihannya adalah DESC dan ASC. Perintah DESC dipakai untuk mengurutkan data secara Descending (dari Z ke A), sedangkan Perintah ASC dipakai untuk mengurutkan data secara Ascending (dari A ke Z). Sintaks dasar perintahnya adalah:

SELECT * FROM nama_tabel ORDER BY kolom ASC;

SELECT * FROM nama_tabel ORDER BY kolom DESC;

Sebagai contoh Kita akan menampilkan data Siswa (dari tabel siswa) dengan urut data Kode secara Descending (dari Z ke A), maka perintahnya adalah:

SELECT * FROM siswa ORDER BY kd_siswa DESC;

Contoh lagi, Kita akan menampilkan data Siswa dengan urut nama secara Ascending (dari A ke Z), maka perintahnya adalah:

SELECT * FROM siswa ORDER BY nm_siswa ASC;

Untuk lebih jelas, lihat hasilnya pada gambar di bawah:

Perintah ORDER BY Untuk Mengurutkan Data dalam Perintah SELECT

Perintah ORDER BY Untuk Mengurutkan Data dalam Perintah SELECT

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Perintah SQL Untuk Menampilkan Data dari Database MySQL

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk menampilkan dan melihat data yang ada di dalam tabel database MySQL adalah SELECT. Dengan perinah SELECT ini Kita dapat melihat semua data kolom dari tabel, atau hanya beberapa kolom data saja yang ingin ditampilkan. Dengan perintah SELECT semua baris data yang ada di dalam tabel akan ditampilkan. Ilustrasi sintak dasar perintahnya adalah:

SELECT * FROM nama_tabel;

Dari sintaks SQL di atas, tabel nama_tabel adalah nama tabel yang isi datanya akan ditampilkan. Tanda bintang (*) mewakili semua kolom data yang ada pada tabel, sehingga semua kolom data akan ditampilkan ke layar.

Sebagai contoh, Kita akan menampilkan semua data yang ada di dalam tabel jurusan, maka perintahnya adalah:

SELECT * FROM jurusan;

Contoh lagi, Kita akan menampilkan semua data yang ada di dalam tabel siswa, maka perintahnya adalah:

SELECT * FROM siswa;

Jika tanda bintang (*) telah mewakili semua kolom data, maka Anda dapat menampilkan hanya beberapa kolom data saja dengan cara menyebut nama kolomnya. Misalnya saja jika Kita ingin menampilkan data Kode dan Nama dari tabel siswa, sedangkan kolom data lain tidak ditampilkan, maka perintahnya adalah:

SELECT kd_siswa, nm_siswa FROM siswa;

Untuk lebih jelas, ilustrasinya dapat dilihat pada gambar berikut:

Perintah SQL SELECT Untuk Menampilkan Data Database MySQL

Perintah SQL SELECT Untuk Menampilkan Data Database MySQL

Dengan cara menyebut nama kolom yang akan ditampilkan datanya, maka susunan nama kolom dapat disusun sesuai kebutuhan data, misalnya data Nama lebih dulu, baru data Kode, seperti contoh perintah SQL berikut:

SELECT nm_siswa, kd_siswa FROM siswa;

Untuk mengurutkan data yang ditampilkan, Anda dapat menggunakan Perintah ORDER BY di akhir Perintah SELECT.

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke dalam Database MySQL

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk menyimpan data ke dalam tabel database MySQL adalah INSERT. Dengan perinah ini Kita dapat memasukkan data ke dalam masing-masing tabel yang ada di dalam database. Ilustrasi sintak dasar perintahnya adalah:

INSERT INTO nama_tabel (kolom1, kolom2) VALUES (‘data1’, ‘data2’);

Dari sintaks SQL di atas, tabel nama_tabel memiliki 2 kolom data yang akan ditambah data, yaitu kolom1 dan kolom2. Informasi data1 adalah data yang akan disimpan ke dalam kolom kolom1, sedangkan data2 adalah data yang akan disimpan ke dalam kolom2.

Sebagai contoh, Kita akan menyimpan data ke dalam tabel jurusan, di dalam tabel ini memiliki 2 kolom data saja, yaitu kolom kd_jurusan dan nm_jurusan. Maka perintah SQL-nya adalah:

INSERT INTO jurusan (kd_jurusan, nm_jurusan) VALUES(‘J01’, ‘Mesin Otomotif’);

INSERT INTO jurusan (kd_jurusan, nm_jurusan) VALUES(‘J02’, ‘Mesin Industri’);

Setelah beberapa data disimpan ke dalam tabel, Anda dapat melihat isi tabel dengan perintah SELECT, seperti di bawah ini hasilnya:

Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke Tabel MySQL

Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke Tabel MySQL

Sebagai latihan, coba sekarang Anda masukkan beberapa data ke dalam tabel jurusan, masukkan semua jurusan yang ada di sekolah SMK.

Berikutnya, Anda dapat berlatih memasukkan data ke dalam tabel siswa, di sana ada bebrapa tabel di dalamnya. Perintah INSERT tidak mengharuskan Kita memasukkan data ke semua kolom yang ada di dalam suatu tabel, akan tetapi Kita dapat memilih kolom mana saja yang akan disisipi data. Sebagai contoh, pada tabel siswa akan dimasukan beberapa data saja, misalnya hanya pada kolom Kode, Nama dan Kelamin. Contoh SQL-nya :

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0001’, ‘Fitria Prasetiawati’, ‘Perempuan’);

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0002’, ‘Indah Indriyanna’, ‘Perempuan’);

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0003’, ‘Septi Suhesti’, ‘Perempuan’);

Pada contoh Perintah SQL INSERT di atas, Kami menekan Enter (untuk ganti baris) dalam membuat Perintah SQL. Cara tersebut dapat dilakukan apabila perintah SQL yang dibuat lebih panjang dari layar, sehingga perintahnya mudah dibuat. Lihatlah gambar ilustrasinya:

Perintah SQL Untuk Memasukkan Data ke Database MySQL

Perintah SQL Untuk Memasukkan Data ke Database MySQL

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Perintah SQL Untuk Mengubah Nama Tabel MySQL

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk mengubah nama tabel dalam database MySQL adalah perintah RENAME TABLE. Dengan perinah ini Kita dapat menguba nama tabel A menjadi tabel B, atau sebaliknya. Ilustrasi sintak dasar perintahnya adalah:

RENAME TABLE tabel_lama TO tabel_baru;

Dari sintaks SQL di atas, tabel_lama adalah nama tabel yang akan diubah namanya menjadi tabel_baru. Sedangkan tabel_baru adalah nama tabel yang akan digunakan sekarang, dengan catatan nama_tabel baru belum dipakai di dalam database tersebut.

Untuk mengubah beberapa tabel secara bersamaan, Anda dapat menggunakan tanda koma (,) antara satu perintah, misalnya;

RENAME TABLE tabel_lama1 TO tabel_baru1,
tabel_lama2 TO tabel_baru2,
tabel_lama3 TO tabel_baru3;

Sebagai contoh, Kita akan mengubah nama tabel jurusan menjadi data_jurusan, maka perintahnya adalah:

RENAME TABLE jurusan TO data_jurusan;

Sekarang, lihatlah hasilnya dengan menampilkan daftar tabel dengan perintah SHOW DATABASES, seperti contoh gambar di bawah:

Perintah SQL Untuk Mengganti Nama Tabel MySQL

Perintah SQL Untuk Mengganti Nama Tabel MySQL

Sekarang untuk latihan, kembalikan nama tabel data_jurusan menjadi tabel jurusan.

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Perintah SQL Untuk Menghapus Kolom Tabel MySQL

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk menghapus kolom tabel dalam database MySQL adalah perintah ALTER TABLE…DROP, dengan ilustrasi sintak dasar perintahnya adalah:

ALTER TABLE nama_tabel DROP nama_kolom;

Dari sintaks SQL di atas, nama_kolom adalah nama kolom tabel yang akan dihapus, Anda dapat memisahkan dengan tanda koma (,) jika kolom tabel yang dihapus lebih dari satu kolom.

Sebagai contoh, Kita akan menghapus kolom no_telepon yang ada di dalam tabel siswa, maka perintahnya adalah:

ALTER TABLE siswa DROP no_telepon;

Sekarang, lihatlah hasilnya dengan menampilkan daftar struktur tabel dengan perintah DESC siswa, seperti contoh gambar di bawah:

Perintah SQL Menghapus Kolom Tabel MySQL

Perintah SQL Menghapus Kolom Tabel MySQL

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho