Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke dalam Database MySQL

Perintah SQL (Structured Query Language) yang dipakai untuk menyimpan data ke dalam tabel database MySQL adalah INSERT. Dengan perinah ini Kita dapat memasukkan data ke dalam masing-masing tabel yang ada di dalam database. Ilustrasi sintak dasar perintahnya adalah:

INSERT INTO nama_tabel (kolom1, kolom2) VALUES (‘data1’, ‘data2’);

Dari sintaks SQL di atas, tabel nama_tabel memiliki 2 kolom data yang akan ditambah data, yaitu kolom1 dan kolom2. Informasi data1 adalah data yang akan disimpan ke dalam kolom kolom1, sedangkan data2 adalah data yang akan disimpan ke dalam kolom2.

Sebagai contoh, Kita akan menyimpan data ke dalam tabel jurusan, di dalam tabel ini memiliki 2 kolom data saja, yaitu kolom kd_jurusan dan nm_jurusan. Maka perintah SQL-nya adalah:

INSERT INTO jurusan (kd_jurusan, nm_jurusan) VALUES(‘J01’, ‘Mesin Otomotif’);

INSERT INTO jurusan (kd_jurusan, nm_jurusan) VALUES(‘J02’, ‘Mesin Industri’);

Setelah beberapa data disimpan ke dalam tabel, Anda dapat melihat isi tabel dengan perintah SELECT, seperti di bawah ini hasilnya:

Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke Tabel MySQL

Perintah SQL Untuk Menyimpan Data ke Tabel MySQL

Sebagai latihan, coba sekarang Anda masukkan beberapa data ke dalam tabel jurusan, masukkan semua jurusan yang ada di sekolah SMK.

Berikutnya, Anda dapat berlatih memasukkan data ke dalam tabel siswa, di sana ada bebrapa tabel di dalamnya. Perintah INSERT tidak mengharuskan Kita memasukkan data ke semua kolom yang ada di dalam suatu tabel, akan tetapi Kita dapat memilih kolom mana saja yang akan disisipi data. Sebagai contoh, pada tabel siswa akan dimasukan beberapa data saja, misalnya hanya pada kolom Kode, Nama dan Kelamin. Contoh SQL-nya :

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0001’, ‘Fitria Prasetiawati’, ‘Perempuan’);

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0002’, ‘Indah Indriyanna’, ‘Perempuan’);

mysql> INSERT INTO siswa(kd_siswa, nm_siswa, kelamin)
-> VALUES(‘S0003’, ‘Septi Suhesti’, ‘Perempuan’);

Pada contoh Perintah SQL INSERT di atas, Kami menekan Enter (untuk ganti baris) dalam membuat Perintah SQL. Cara tersebut dapat dilakukan apabila perintah SQL yang dibuat lebih panjang dari layar, sehingga perintahnya mudah dibuat. Lihatlah gambar ilustrasinya:

Perintah SQL Untuk Memasukkan Data ke Database MySQL

Perintah SQL Untuk Memasukkan Data ke Database MySQL

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *