Perintah Menjalankan Database MySQL dari Command Prompt

Database MySQL Server sebenarnya tidak memiliki User Interface berbentuk visual, melainkan semua perintah SQL yang dimiliki oleh MySQL dijalankan lewat perintah tulis, atau disebut dengan istilah Command Line. Untuk dapat mengakses database MySQL Server lewat Command Line, Kita dapat menggunakan fasilitas COMMAND PROMPT yang dimiliki Windows, dengan cara mengakses folder mysql\bin dimana tempat MySQL tersebut diinstal, lalu menjalankan file mysql.exe dengan User dan Password yang sudah Kita miliki. Caranya adalah:

Pertama :
Jalankan aplikasi Command Prompt yang dimilik Windows, dari menu Start, cari shortcut Command Prompt. Atau, dari Start, masuk menu Run, ketikkan alamat cmd, lalu tekan Enter.

Kedua :
Dari jendela Command Prompt, lakukan langkah berikut ini:

      1. Ketikkan perintah CD \, lalu tekan Enter pada Keyboard.
      2. Dari drive C:\>, ketikkan perintah CD xampp\mysql\bin, lalu tekan Enter.
      3. Dari C:\xampp\mysql\bin>, ketikkan perintah mysql -u root -p lalu tekan Enter.
      4. Jika ada permintaan Password:, abaikan saja lalu tekan Enter.
      5. Masuk ke MySQL Prompt, dan Anda siap menjalankan perintah SQL yang lain.
Panduan Menjalankan MySQL dari Command Prompt

Panduan Menjalankan MySQL dari Command Prompt

Pada contoh perintah di atas, mysql -u root artinya Kita akan masuk ke database MySQL Server dengan login user bernama root. Sedangkan perintah -p adalah kita akan login root dengan Password, makanya setelah ditekan Enter akan ada isian Password: yang meminta Anda untuk memasukkan kata kunci (password) MySQL. Tidak usah diisi, karena user root di dalam MySQL tidak memiliki password, kecuali jika Anda sudah memasang password ke dalam database saat menginstal pertama kali.

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *