Pengertian SQL dan MySQL

 

SQL (Structured Query Language) adalah perintah dasar yang dimiliki oleh database MySQL Server. Jadi bedanya SQL dan MySQL sudah jelas, MySQL adalah Software database, sedangkan SQL adalah bahasa perintah yang ada di dalamnya. MySQL Server sendiri tidak memiliki interface (antar muka) berbentuk visual seperti database yang lain, MySQL memiliki interface Command Line, atau dapat diakses lewat Command Prompt (tampilan layar DOS).

Untuk memudahkan Kita mengakses database MySQL, Kita perlu menginstal MySQL Client berbasis visual, sehingga memudahkan Kita untuk mengelola database, data dan juga server MySQL itu sendiri. Salah satunya adalah MySQL Front, yang dapat diinstal di Sistem Operasi Windows. Selain MySQL Front, ada juga yang namanya phpMyAdmin, yaitu aplikasi berbasis Web yang dijalankan lewat browser Internet. Dengan adanya MySQL Client yang berbentuk visual, maka Kita tidak perlu lagi mengetikkan perintah-perintah dasar SQL dari layar DOS (Command Prompt), melainkan tinggal klik lewat fasilitas yang disediakan oleh aplikasi phpMyAdmin ataupun MySQL Front tadi.

SQL sendiri di dalam database MySQL terbagi menjadi 3 bagian penting, yaitu :

  • Data Definition Statements (DDS), yaitu Perintah SQL yang digunakan untuk membuat dan mengelola struktur database dan tabel yang ada di database Server MySQL.
  • Data Manipulation Statements (DMS), yaitu Perintah SQL yang digunakan untuk mengelola data (isi tabel) yang ada di dalam database yang dikelola MySQL Server.
  • Database Administration Statements(DAS), yaitu Perintah SQL yang digunakan untuk mengelola Server MySQL, termasuk mengelola akun user MySQL, mengelola tabel dan database.

* Dulu, DDS dikenal dengan DDL (Data Definition Language), jadi kata Statements menggantikan kata Language, begitu juga dengan DMS dulu disebut DML dan DAS. Pengetahuan ini didapat dari manual MySQL.

Yang termasuk ke dalam perintah DDS (Data Definition Statements) adalah:

  1. ALTER DATABASE
  2. ALTER TABLE
  3. CREATE DATABASE
  4. CREATE INDEX
  5. CREATE TABLE
  6. DROP DATABASE
  7. DROP INDEX
  8. DROP TABLE
  9. RENAME DATABASE
  10. RENAME TABLE

Yang termasuk ke dalam perintah DMS(Data Manipulation Statements) adalah:

  1. DELETE
  2. DO
  3. HANDLER
  4. INSERT
  5. LOAD DATA INFILE
  6. REPLACE
  7. SELECT
  8. Subquery
  9. TRUNCATE
  10. UPDATE

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *