Panduan Membuat Tabel MySQL dengan phpMyAdmin

Perintah Command Line MySQL yang digunakan untuk membuat tabel baru adalah CREATE TABLE, kemudian diikuti dengan susunan nama kolom yang akan dibuat. Bagi pemula, mungkin perintah tersebut akan sangat sulit, apalagi jika struktur atribut kolom tabelnya banyak. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda dapat menggunakan aplikasi phpMyAdmin. Caranya:

  1. Buat databasenya terlebih dahulu, misalnya sekolahdb. (Baca panduan Membuat Database).
  2. Masuk ke database, lalu masukkan nama tabel (contoh; siswa) yang akan dibuat pada kotak Create Tabel : Name, dan masukkan jumlah atribut (kolom) tabelnya, misalnya; 5.
  3. Klik tombol Go.
  4. Membuat Tabel MySQL dengan phpMyAdmin 1

  5. Masukkan desain atribut (nama kolom) tabel yang dibuat, juga definisikan nama kolom dan banyak datanya, disesuaikan dengan informasi data yang akan disimpan.
  6. Pilih tipe databasenya MyISAM.
  7. Membuat Tabel MySQL dengan phpMyAdmin 2

  8. Untuk membuat Kunci Primer (Primary Key) pada kolom Kode, pilih PRIMARY pada bagian INDEX yang ada di sebelah kanan.
  9. Membuat Kunci Primer (Primary Key) pada Kolom Tabel dari phpMyAdmin

  10. Jika sudah selesai, klik tombol Save.
  11. Tabel dengan nama siswa selesai dibuat.

Sampai saat ini proses membuat tabel dengan nama siswa sudah selesai. Tabel dibuat berdasarkan kebutuhan, tabel dengan nama siswa artinya tabel tersebut akan dipakai untuk menyimpan data Siswa. Jika Anda ingin membuat tabel untuk menyimpan data Jurusan, maka nama tabelnya bisa disamakan, misalnya tabel jurusan.

Latihan 2 – Membuat Tabel jurusan

Sebagai latihan kedua, silahkan Anda membuat tabel baru bernama jurusan, di dalam tabel ini ada 2 kolom saja, yaitu kolom kd_jurusan dan nm_jurusan. Untuk kolom kunci primer yang dipakai adalah kode-nya, yaitu kolom kd_jurusan. Seperti contoh gambar di bawah:

Membuat Tabel Jurusan dengan phpMyAdmin

Semua tabel yang berhasil dibuat akan terlihat di sana, atau jika belum terlihat Anda dapat melihatnya dengan mengklik pada nama database. Contoh:

Melihat Daftar Tabel yang ada di Database MySQL

Setelah tabel selesai dibuat, Anda dapat mengisi tabel tersebut dengan data yang sesuai, gunakan fasilitas INSERT untuk memasukan data.

Semoga bermanfaat

Bunafit Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *